Rabu, 22 Juni 2011

ONE TIME ONE CHOICE DAN 10 HADITS BUDI PEKERTI

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum wr wb

Subhanallah, Maha suci Allah SWT yg telah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya. Shalawat serta salam semoga tercurah kehadirat Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, serta pengikut beliau hingga akhirul zaman.

(sambil berkeliling taman unlam dr fak. Pertanian hinga pascasarjana, 06.00 WITA).

Indah sekali pemandangan yg d tawarkan alam kepada kt membuat kedamaian tercipta merdu sekali(lah, ko damai ada suaranya?!), maksud aye gini pemandangan indah kan tu ye, nah kalo pgi2 entu banyak makhluk bersayap yg berzikir kpd Allah, terdengar merdu dan dinamis, {kalo dah siangan kicauan manusie, alat elektronik(hp,tv dll) serta alat trnsportasi yg kedengaran cempreng, lebih2 berzikir kpd Allah, nah ini ngegosip mulai dr temen sebaye, selebritis kampus, hingga selebritis ibu kota, ya gak ukhti?}.
Wallahualam Bissawaf...
Hanya Allah yg tau, tp kebanyakan seperti itu ya?!,
hmmm.. #berfikir dan menghelu napas#.
kt yg harus berusaha menghindarkan diri dr itu semua, karena itu adalah pilihan(one time one choice), jika satu waktu ada televisi yg menghidangkan gosip maka supaya kt terhindr dr itu semua kita harus memindahkan chanel ke berita atau acara yg menyajikan ilmu pengetahuan. {jika teman satu kost gk mau mindah chenel gimana?}. Nah kembali ke one time one choice, kt harus berani beramal ma'ruf nahi munkar, misalnya kt sarankan kpd teman kita, mba kt pindah chenel aja ya mba, cari tayangan yg lebih bermanfaat.{ kl mba'e nya, gk mau?}. Kembali ke one time one choice, jk kt memilih untuk diam disana mk kt pasti akan ikut mendengar dan melihat gosip itu, namun jika pilihan kita ke kamar ngambil buku bacaan yg bermanfaat maka terhindarlah kita. One time one choice(satu waktu satu pilihan, ya atau tidak, baik atau buruk, benar atau salah, malam atau siang, halal atau haram, benang putih atau benang hitam dll).

one time one choice

bahas Hadits yu ..("^^")..
hayu ..(~~")..

(Hadits tentang budi luhur). Cetakan ke XXXVII 1986.
( pembelian 10/4/2001). (Alhamdulillah buku ini selamat dari kebakaran tahun 2008, dalam kondisi terbakar sisi atas dan cover belakangnya saja).

1. MENGIKUTI SUNNAH NABI
Barang siapa segan mengikuti jejak sunnahku maka tiadalah ia termasuk golonganku(HR. Muslim)

2. SEBAIK-BAIK PERKATAAN
Ucapan yg paling disukai Allah, ada empat, tidak ada salahnya dgn mana saja engkau mulai :
(i) Subhaanallah
(ii) Alhamdulillah
(iii) Laailaaha Illallaah
(iv) Allaahu Akbar
(HR. Muslim)

3. MAKAN BOROS
sesungguhnya termasuk boros, kalau engkau makan apa saja yg engkau inginkan
(HR. Ibnu Majah)

4. MENCELA KESALAHAN ORANG LAIN
Barang siapa mencela kesalahan/dosa org lain, maka sebelum mati, ia akan berbuat dosa pula seperti itu.
(HR. Tirmidzi)

5. BAGAIMANA MEMADAMKAN MARAH
Marah itu datang dr syetan. syetan itu berasal dr api. Api hanya dapat dipadamkan dgn air. Karenanya, apabila kamu marah(segeralah) ambil air sembahyang(berwudhu)
(HR. Abu Daud)

6. BUKAN SEMUA YANG DIDENGAR DIBICARAKAN
Amat besar dosanya seorang, jika semua apa yg didengar dibicarakannya.
(HR. Muslim)

7. TAKABBUR (SOMBONG)
Tidak akan masuk syurga, org yg ada menyelinap dalam hatinya sedikit sifat takabbur. Org bertanya : Bagaimana seandainya seorang ingin memakai baju yg indah dan sepatu yg bagus? . Nabi menjawab : sesungguhnya Allah itu indah dan suka kpd keindahan. (Sifat) takabbur itu ialah menolak (haq) kebenaran, dan menganiaya org(merendahkannya).
(HR. Muslim)

8. MENGAMBIL BARANG ORG LAIN
Janganlah kamu mengambil barang kepunyaan org lain, baik bergurau(pura-pura) maupun dgn sengaja.
(HR. Baihaqy)

9. BERKATA BENAR DAN DUSTA
Hendaklah kamu berkata benar, karena berkata bener itu membawa kpd kebaikan, dan kebaikan itu membwa k syurga. Demikianlah bila mana senantiasa seorg membiasakan berkata benar dan cenderung kdp berkata benar, akhirnya org itu dicatat di sisi Allah sbg org yg selalu benar. Dan jauhilah berkata dusta, karena dusta itu membawa kpd kejahatan, dan kejahatan itu membawa ke neraka. Demikianlah bila mana seseorang membiasakan berdusta, dan selalu cenderung berdusta, akhirnya ia dicatat di sisi Allah sebagai seorang yg sangat pendusta.
(HR. Bukhary - Muslim)

10. KERIDHAAN/KEMURKAAN IBU-BAPAK
Keridhaan Allah itu tergantung dr adanya keridhaan Ibu-Bapak, dan kemurkaan Allah itu tergantung dr adanya kemurkaan Ibu-Bapak.
(HR. Tirmidzi).

Semoga bermanfaat dan dapat kt amalkan bersama. Amin

wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. kritik dan saran sangat berarti buat saya untuk meningkatkan pelatihan pembelajaran dalan hal artikel.