Selasa, 14 Juni 2011

Cara Menghadapi Ujian Semester


Bismillahirrahmanirrahim 
Assalamu'alaikum wr wb
Tips Belajar ---- Cara Menghadapi Ujian Semester
Selasa, 22 Juli 2003.
PK Alkamil - Ujian semester tak akan terlepas dari yang namanya mahasiswa. Ujian diperlukan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan mahasiswa tersebut dalam menguasai suatu mata kuliah yang telah diajarkan oleh dosen yang bersangkutan. Tentu semua mahasiswa berharap nilai ujiannya memuaskan. Tapi tidak banyak yang tahu, strategi apa yang diperlukan dalam menghadapi ujian itu, sehingga banyak mahasiswa masih menggunakan trik-trik kuno yang kebanyakan bersifat merugikan bagi mahasiswa lainnya.

Oleh karena itu, kali ini sedikit tips dalam mengerjakan/menghadapi ujian semester bagi mahasiswa yang merasa kesulitan terhadap suatu matakuliah tertentu. Tips itu adalah :
  • PeDe dan cool. Yakinkan diri bila sudah siap tempur dan dapat mengerjakan ujian dengan baik. Tenang dan percaya diri. Kalau nggak pede dan tenang ??? berarti memang belum siap mengikuti ujian !!!
  • Datang lebih awal dan lengkapi semua peralatan yang dibutuhkan. Bawalah semua alat tulis yang diperlukan, jangan sampai ketinggalan satu pun. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Pokoknya, jangan sampai pinjam sana pinjam sini. Ngerepotin.
  • Santai tapi tetap hati-hati. Pilihlah kursi atau tempat duduk yang nyaman untuk mengerjakan ujian.
  • Preview soal-soal ujian terlebih dahulu (bila ujian memilliki waktu tidak terbatas). Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, baru soal yang tersulit.
  • Jawab soal-soal ujian dengan taktis. Mulailah dengan menjawab pertanyaan mudah yang diketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang dikerjakan adalah soal paling sulit, soal yang membutuhkan waktu yang lama untuk menulis jawabannya dan soal-soal yang memiliki nilai terkecil.
  • Saat mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak. Abaikan jawaban yang tahu salah. Tebaklah selalu pilihan jawaban jika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau tidak ada pilihan jawaban yang dapat diabaikan.
  • Saat mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.
  • Sisihkan 10% waktu untuk memeriksa ulang jawaban yang telah dibuat.
  • Analisis hasil ujian. Setiap ujian dapat membantu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Analisislah strategi mana yang berhasil dan yang tidak berhasil.
    Dan yang paling penting adalah Berdo'a.
    "USAHA TANPA DO'A ITU SOMBONG"
    "DO'A TANPA USAHA ITU KOSONG"
    Good luck... Semoga Allah membukakan Pintu ilmu untuk kita. dan semoga ilmu yang kita dapat baik itu Eksak, ilmu perbumian, ilmu kedokteran dll dapat membuat kita lebih mendekatkan dengan Sang Pencipta, Allah SWT.
    wawlahualam bissawaf
    Wassalamu'alaikum wr wb


     

1 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. kritik dan saran sangat berarti buat saya untuk meningkatkan pelatihan pembelajaran dalan hal artikel.