Selasa, 22 Februari 2011

SMART MEMILIH DAN MEMILAH ORGANISASI

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum wr.wb

"AlhamdulillahiRabil Alamin, wassala tu wassala muala asyrofil ambia iwal mursalin, Syaidina wa Maulana Muhammadin wa ala Alihi Wasahbihi ajmain, ama ba'du"

¤ Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT berkat Rahmat, taufik dan hidayahnya lah saya dapat berbagi(share), dengan blog yang sederhana ini.¤



Tujuan => dapat me'save pengalaman lewat tulisan
Harapan => bermanfaat buat hari depan dan semoga bermanfaat buat pembaca.


GORESAN UKHTI

Suatu Organisasi sekolah atau kampus adalah tempat orang2 menyalurkan bakat atau minat tidak hanya dalam seni, musik dan olahraga tapi hal2 keagamaan dan politik bahkan akademik.
Dalam organisasi harus ada pemersatu tujuan yang membuat organisasi itu dapat melangkah maju.
Organisasi tak akan berjalan kalau tidak ada kesolidan dalam anggota dan pengurus.

MAS'UL AKHWAT

apasih mas'ul akhwat itu?
Mas'ul akhwat adalah penghendel akhwat yang dimana terdiri dari seorang akhwat(perempuan).
Seorang mas'ul akhwat memang tidak mempunyai program kerja , tapi mas'ul akhwat memantau program kerja dari berbagai Divisi(departemen), khususnya kader akhwat, dan yang paling utama adalah mempererat dan mesolidkan para akhwat, menemani dan merumuskan masalah bersama2 jika terdapat persoalan baik dalam pengkaderan atau program kerja akhwat.
Dalam hal ini diadakannya mas'ul akhwat distruktur organisasi FSI adalah untuk mempermudah Qiadah(ketua). Karena untuk penghendelan akhwat sudah ada penanggung jawab, dan Qiyadah dapat menanyakan kondisi secara menyeluruh kepada mas'ul akhwat.


Sebagai mas'ul akhwat memang terlihat sederhana namun untuk menjalaninya memerlukan tenaga pemikiran. Saya yakin , saya bisa karena ada teman2 yang setia m'suport dan ka2 yang membimbing dan Allah pastinya yg Maha Penolong dan Bijaksana.

Abdullah bin mas'ud berkata : "s'sorg tdk dilahirkan dalam keadaan berilmu (agama) ,karena sesungguhnya ilmu itu diperoleh dari belajar "

"barang siapa diantara kalian yg mampu memberikan manfaat bagi saudaranya ,hendaklah ia melakukannya"(HR. Muslim)

nah, dari paparan dan hadits diatas sudah jelas untuk mendapatkan ilmu maka kita harus belajar dan dalam proses belajar kita juga dianjurkan untuk menjadi seseorg yg bermanfaat bagi org lain. Dengan kemampuan organisator yang kita miliki dari organisasi yg pernah kita jalani tak ada salahnya kita bagi. Apapun jabatan kita!!!. (setuju ..?!?)

setelah kita belajar organisasi ada info ni bagi yang belum berkecimpung dlm organisasi.

yang terdapat dalam jiwa organisator setelah mengemban amanah/jabatan:

1. Mudah berinteraksi
2. Bisa merumuskan masalah/hambatan dengan mudah(krna sudah terbiasa).
3. Bisa mengaturan jadwal dengan baik.
4. Seseorang yang berorganisasi sangat mudah untuk menyesuaikan diri.
5. Kritis
6. Kreatif(Banyak ide)
7. Banyak link(teman/rekan)
8. Dll yg dapat dirasakan oleh para organisator.


Tips : pilihlah organisasi yang dapat menyeimbangkan kehidupan kita. Ex : organisasi keislaman. Karena disana kita tidak hanya di siapkan untuk menjadi seorang pemimpin tapi juga sebagai pendakwah yang mendakwahkan agama dalam lubuk hati kita khususnya.

Mhn mf jika ada salah atau khilaf dalam penulisan, karena manusia t4x khlaf dan salah.

Akhirul kalam
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. kritik dan saran sangat berarti buat saya untuk meningkatkan pelatihan pembelajaran dalan hal artikel.