Selasa, 21 Desember 2010

Bencana Alam

Bencana alam yang terjadi adalah akibat ulah tangan manusia juga ternyata, baik secara langsung maupun tidak. Gak percaya ??!!
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Ar -Rum Ayat 41 : “ telah Nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali kejalan yang benar” Maha benar Allah dengan Segala Firmanya.
Banyaknya orang yang tidak peduli lagi dengan ke harmonian alam, Jangan salahkan alam jika terjadi bencana longsor dan banjir. Ini adalah akibat ulah manusia secara langsung.
Korupsi, perjudian, minum-minuman keras, ketidak adilan hukum, perzinahan dkk adalah segelintir contoh sumbangan manusia untuk mendatangkan bencana secara tidak langsung. Gak percaya ??!!
Dari Ummu salmah, Nabi Muhammad SAW bersabda : “jika kemaksiatan yang dilakukan oleh umatku semakin jelas(terbuka), maka Allah SWT akan menimpakan azab kepada mereka semua”, Ummu salamah bertanya : “apakah termasuk kepada mereka yang shaleh ?”. nabi menjawab : “ya, tentu”.
Jadi jika bencana alam menimpa suatu daerah , semua penduduk di daerah itu akan terkena dampaknya. Di pundak orang yang shaleh terdapat kewajiban melaksanakan amar makhruf nahi munkar agar penduduk di daerahnya menjauhi kejahatan dan kemaksiayan.
Musibah bisa merupakan COBAAN, PERINGATAN, BISA PULA BERUPA AZAB untuk hambanya. ..!!!!!!
Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 155 : “ Dan sesungguhnya kami akan mengujimu dengan sesuatu cobaan seperti ketakutan , kelaparan, kekurangan harta , jiwa dan buah-buahan . namun bergembiralah oranga-orang yang sabar”.
Mari sama-sama introfeksi diri dan senantiasa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, dan tak lupa juga kita doakan saudara-saudara kita yang sedang di landa musibah agar mereka dapat bersabar.
Wallahualam bissawaf..


(selebaran yang dibagi kejalan untuk kerja bakti minta dana turun kejalan untuk bencana)
sumber : AlQur'an dan Bloger
Penyusun : Orang yang selalu ingin belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog yang sederhana ini. kritik dan saran sangat berarti buat saya untuk meningkatkan pelatihan pembelajaran dalan hal artikel.